Realitas objek hukum (وَاقِعُ مَنَاطِ الْحُكْمِ)
Istilah hukum (اَلْحُكْمُ)
dalam Islam ada tiga macam yakni :
1. yang
bermakna اَلسُّلْطَانُ
atau اَلسُّلْطَاتُ
: pemerintahan atau kekuasaan sehingga dikenal istilah turun-annya نِظَامُ
الْحُكْمِ فِيْ الإِسْلاَمِ (sistem pemerintahan dalam Islam), seorang
penguasa (اَلْحَاكِمُ)
atau para penguasa (اَلْحُكَّامُ) atau mengoreksi para
penguasa (مُحَاسَبَةُ
الْحُكَّامِ). Realitas ini ditunjukkan oleh se-jumlah dalil :
وَلَا تَأْكُلُوا
أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوا بِهَا إِلَى الْحُكَّامِ
لِتَأْكُلُوا فَرِيقًا مِنْ أَمْوَالِ النَّاسِ بِالْإِثْمِ وَأَنْتُمْ
تَعْلَمُونَ (البقرة : 188)
وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ
بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ (المائدة : 44)
عَنْ أَبِي أُمَامَةَ
الْبَاهِلِيِّ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
لَيُنْقَضَنَّ عُرَى الْإِسْلَامِ عُرْوَةً عُرْوَةً فَكُلَّمَا انْتَقَضَتْ
عُرْوَةٌ تَشَبَّثَ النَّاسُ بِالَّتِي تَلِيهَا وَأَوَّلُهُنَّ نَقْضًا الْحُكْمُ
وَآخِرُهُنَّ الصَّلَاةُ (رواه احمد)
2. yang
bermakna اَلشَّرِيْعَةُ
atau اَلشِّرْعَةُ
: aturan atau jalan sehingga dikenal adanya istilah اَلشَّرِيْعَةُ
الإِسْلاَمِيَّةُ atau اَلشِّرْعَةُ
الإِسْلاَمِيَّةُ yang secara bahasa berarti اَلطَّرِيْقَةُ
الإِسْلاَمِيَّةُ : jalan yang Islami atau jalan yang
bersifat Islami. Namun secara istilah itu sendiri realitasnya adalah
ditunjukkan oleh dalil :
وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا
بَنِي إِسْرَائِيلَ الْكِتَابَ وَالْحُكْمَ وَالنُّبُوَّةَ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ
وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَى الْعَالَمِينَ وَءَاتَيْنَاهُمْ بَيِّنَاتٍ مِنَ الْأَمْرِ
فَمَا اخْتَلَفُوا إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ
إِنَّ رَبَّكَ يَقْضِي بَيْنَهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِيمَا كَانُوا فِيهِ
يَخْتَلِفُونَ ثُمَّ جَعَلْنَاكَ عَلَى شَرِيعَةٍ مِنَ الْأَمْرِ فَاتَّبِعْهَا
وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَ الَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ (الجاثية : 18-16)
yakni
:
a. selain
telah memberikan berbagai keistimewaan kepada Bani Israil :
ءَاتَيْنَا بَنِي
إِسْرَائِيلَ الْكِتَابَ وَالْحُكْمَ وَالنُّبُوَّةَ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ
الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَى الْعَالَمِينَ
Allah
SWT juga memberikan aturan rincian kepada mereka : وَءَاتَيْنَاهُمْ
بَيِّنَاتٍ مِنَ الْأَمْرِ, yaitu seluruh aturan (اَلشَّرِيْعَةُ)
yang dibawa oleh para Nabi termasuk oleh Nabi Musa as. Namun walau telah diberi
sejumlah keistimewaan, keunggulan dan kemudahan, ternyata sikap mereka justru
me-nentang habis-habisan Allah dan para Nabi termasuk aturan (الْعِلْمُ)
yang telah didatangkan ke-pada mereka : فَمَا اخْتَلَفُوا
إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ.
b.
realitas sikap pembangkangan Bani Israil tersebut
dijadikan oleh Allah SWT sebagai gambaran pasti kepada Nabi Muhammad saw
tentang sikap yang wajib dan yang haram dimiliki
olehnya. Seluruhnya telah disediakan oleh Allah SWT dalam aturan (اَلشَّرِيْعَةُ)
yang diturunkan kepada be-liau saw sendiri : جَعَلْنَاكَ عَلَى
شَرِيعَةٍ مِنَ الْأَمْرِ. Sikap yang wajib dimiliki oleh beliau
adalah mengiku-ti dan menjalankan seluruh aturan tersebut : فَاتَّبِعْهَا.
Sedangkan sikap yang haram beliau miliki adalah mengikuti sikap pembangkangan
Bani Israil : وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَ الَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ.
c. dengan
demikian realitas اَلشَّرِيْعَةُ (اَلشَّرِيْعَةُ
الإِسْلاَمِيَّةُ) adalah :
اَلنِّظَامُ الَّذِيْ
يَكُوْنُ مَجْمُوْعًا مِنْ أَوَامِرِ اللهِ وَنَوَاهِيْهِ لِيُنَظِّمَ بِهِ
سُلُوْكَ الإِنْسَانِ مَا دَامُوْا حَيًّا فِيْ الْحَيَاةِ الدُنْيَا
“aturan/sistema
yang merupakan kumpulan perintah-perintah Allah dan larangan-larangan-Nya untuk
mengatur tingkah laku manusia selama mereka hidup dalam kehidupan dunia”.
3. yang
bermakna اَلْقَضَاءُ
dilakukan oleh اَلْقَاضِيْ di مَحْكَمَةُ الْقَضَاءِ
atau مَجْلِسُ
الْقَضَاءِ dan dalam realitas nega-ra Indonesia disebut sebagai vonis
yang dilakukan oleh hakim dalam pengadilan. Makna
ini ditun-jukkan oleh sejumlah dalil :
عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي بَكْرَةَ
قَالَ كَتَبَ أَبِي إِلَى عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَكْرَةَ وَهُوَ قَاضٍ أَنْ
لَا تَحْكُمْ بَيْنَ اثْنَيْنِ وَأَنْتَ غَضْبَانُ فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا يَحْكُمْ الْحَاكِمُ
بَيْنَ اثْنَيْنِ وَهُوَ غَضْبَانُ (رواه الترمذي)
عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي بَكْرَةَ
قَالَ كَتَبَ أَبِي وَكَتَبْتُ لَهُ إِلَى عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَكْرَةَ
وَهُوَ قَاضٍ بِسِجِسْتَانَ أَنْ لَا تَحْكُمَ بَيْنَ اثْنَيْنِ وَأَنْتَ
غَضْبَانُ فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَقُولُ لَا يَحْكُمْ أَحَدٌ بَيْنَ اثْنَيْنِ وَهُوَ غَضْبَانُ (رواه مسلم)
عَنْ عَلِيٍّ عَلَيْهِ السَّلَام قَالَ
بَعَثَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى الْيَمَنِ
قَاضِيًا فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ تُرْسِلُنِي وَأَنَا حَدِيثُ السِّنِّ
وَلَا عِلْمَ لِي بِالْقَضَاءِ فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ سَيَهْدِي قَلْبَكَ
وَيُثَبِّتُ لِسَانَكَ فَإِذَا جَلَسَ بَيْنَ يَدَيْكَ الْخَصْمَانِ فَلَا
تَقْضِيَنَّ حَتَّى تَسْمَعَ مِنْ الْآخَرِ كَمَا سَمِعْتَ مِنْ الْأَوَّلِ
فَإِنَّهُ أَحْرَى أَنْ يَتَبَيَّنَ لَكَ الْقَضَاءُ قَالَ فَمَا زِلْتُ قَاضِيًا
أَوْ مَا شَكَكْتُ فِي قَضَاءٍ بَعْدُ (رواه ابو داود)
yakni :
a. kedudukan ‘Ubaidullah bin Abi
Bakrah saat itu adalah اَلْقَاضِيْ dan ini ditunjukkan oleh bagian hadits وَهُوَ
قَاضٍ atau وَهُوَ قَاضٍ بِسِجِسْتَانَ, sehingga makna ucapan Rasulullah saw yang
didengar oleh Abu Bakrah : لَا
يَحْكُمْ الْحَاكِمُ بَيْنَ اثْنَيْنِ وَهُوَ غَضْبَانُ atau لَا يَحْكُمْ أَحَدٌ
بَيْنَ اثْنَيْنِ وَهُوَ غَضْبَانُ adalah :
لاَ يَقْضِ الْقَاضِيْ
بَيْنَ اثْنَيْنِ وَهُوَ غَضْبَانُ أَوْ لاَ يَقْضِ أَحَدٌ بَيْنَ اثْنَيْنِ
وَهُوَ غَضْبَانُ
“seorang Qadli
dilarang menetapkan vonis di antara dua orang yang berselisih dalam keada-an
dirinya marah atau seseorang dilarang menetapkan vonis di antara dua orang yang
berseli-sih dalam keadaan dirinya marah”.
b. realitas yang disampaikan
oleh Sayyidina Ali ra tentang dirinya semakin menjelaskan realitas yang dimaksudkan
oleh ucapan Rasulullah saw لَا يَحْكُمْ الْحَاكِمُ بَيْنَ
اثْنَيْنِ وَهُوَ غَضْبَانُ dalam kasus ‘Ubaidullah bin Abi Bakrah. Hal itu karena tema
pembahasan (مَوْضُوْعُ الْبَحْثِ) kedua hadits terse-but adalah sama yaitu
tentang اَلْقَضَاءُ : وَهُوَ قَاضٍ بِسِجِسْتَانَ pada kasus ‘Ubaidullah bin Abi Bakrah dan بَعَثَنِي
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى الْيَمَنِ قَاضِيًا atau وَلَا عِلْمَ لِي
بِالْقَضَاءِ pada kasus Ali bin Abi Thalib, sehingga makna الْحَاكِمُ dalam dalil-dalil tersebut adalah اَلْقَاضِيْ dan bukan اَلسُّلْطَانُ mau-pun اَلشَّارِعُ.
Lalu, apakah yang
dimaksudkan oleh istilah اَلْمَنَاطُ, مَنَاطُ
الْحُكْمِ dan تَحْقِيْقُ الْمَنَاطِ? Penjelasan ketiga istilah tersebut adalah
sebagai berikut :
1. lafadz
اَلْمَنَاطُ
merupakan اِسمُ
مَكَانِ الإِنَاطَةِ (bentuk isim yang
menggambarkan tempat dari lafadz اَلإِنَاطَةِ) yang maknanya adalah
اَلتَّعْلِيْقُ
وَالإِلْصَاقُ : berhubungan dan bersentuhan.
Inilah makna bahasa dari lafadz اَلْمَنَاطُ dan sekaligus sebagai
realitas yang diwakilinya sebab tidak ada makna syara’ yang la-innya sehingga
wajib menggunakan makna bahasa tersebut sebagai maksud (realitas) yang dibawa
atau diwakili oleh lafadz itu.
2. istilah
مَنَاطُ
الْحُكْمِ bermakna :
مَا اَنَاطَ
الشَّارِعُ الْحُكْمَ بِهِ وَعَلَّقَهُ عَلَيْهِ اَيِ الْمَسْأَلَةُ الَّتِيْ
يَنْطَبِقُ عَلَيْهَا الْحُكْمُ وَلَيْسَ دَلِيْلُهُ وَلاَ عِلَّتُهُ
“segala perkara
yang Allah SWT hubungkan dengan hukum yang akan diterapkan kepadanya dan
mengaitkan hukum itu kepada perkara tersebut atau permasalahan yang akan
diterapkan hukum kepada permasalahan tersebut dan bukan dalilnya maupun
illatnya”.
Sebagai contoh ketika
Allah SWT menyatakan :
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ
عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ (البقرة : 183)
maka ayat tersebut
adalah dalil yang menunjukkan
kewajiban shaum (دَلِيْلُ وَاجِبِ الصَّوْمِ)
di bulan Ra-madlan, sedangkan perkara yang diwajibkan oleh dalil tersebut (مَا يَكْتُبُ
بِهِ الدَّلِيْلُ) yakni shaum ada-lah sesuatu yang dikenai
atau dibidik atau disentuh oleh hukum wajib itu :
اَلْوَاقِعُ اَوِ
الشَّيْءُ الَّذِيْ يَنْطَبِقُ عَلَيْهِ ذَلِكَ حُكْمُ الْوَاجِبِ اَيْ يَكُوْنُ
هُوَ مَنَاطُ ذَلِكَ الْحُكْمِ
Untuk mengetahui مَنَاطُ
ذَلِكَ الْحُكْمِ dari dalil yang mewajibkan shaum tersebut
maka harus dicari in-formasi naqliy atau aqliy (yakni realitas) dari perkara tersebut.
Artinya harus ada pertanyaan yang berbunyi apa itu shaum (مَا
هُوَ الصَّوْمُ)? Jawaban pertanyaan tersebut baik naqliy
maupun aqliy ada-lah مَنَاطُ ذَلِكَ الْحُكْمِ.
Pada kasus shaum informasi tentang realitas shaum adalah berupa dalil naqliy
yakni Al-Quran :
أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ
إِلَى نِسَائِكُمْ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ عَلِمَ
اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا
عَنْكُمْ فَالْآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ وَكُلُوا
وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ
الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ (البقرة :
187)
Dalil tersebut memberikan informasi pasti tentang shaum (مَنَاطُ
الْحُكْمِ) yakni :
اَلإِمْسَاكُ عَنِ
الأَكْلِ وَالشُّرْبِ وَالْجِمَاعِ مِنْ طُلُوْعِ الْفَجْرِ اِلَى الْمَغْرِبِ
Mekanisme ini berlaku untuk segala perkara yang telah
diwajibkan atau dimandubkan atau diha-ramkan atau dimakruhkan atau dimubahkan
dalam syariah Islamiyah : shalat lima waktu, zakat, ha-ji, jihad, politik,
ekonomi, negara, nikah, safar, zina, khamr, mencuri, riswah dan sebagainya.
Ha-nya saja tidak semua informasi tentang مَنَاطُ الْحُكْمِ berupa dalil naqliy melainkan tidak jarang
berupa dalil aqliy, seperti berkenaan dengan khamr (اَلْخَمْرُ). Ketika Allah SWT mengharamkan khamr
me-lalui pernyataan :
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ
ءَامَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ
مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (المائدة: 90)
Realitas khamr yang
diharamkan oleh ayat tersebut merupakan sifat faktual (وَصْفُ
الْوَاقِعِ) dari suatu minuman yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat saat
itu, yakni cairan yang terbuat dari hasil fer-mentasi an aerob gandum,
anggur, beras (mengandung alkohol dari gugus etanol) dan getah pinus
(mengandung alkohol dari gugus metanol). Sehingga مَنَاطُ الْحُكْمِ
yang dibidik oleh dalil (ayat) yang mengharamkan khamr tersebut adalah etanol
dan metanol dan bukan semua gugus alkohol.
3. istilah
تَحْقِيْقُ
الْمَنَاطِ bermakna :
اَلنَّظْرُ فِيْ انْطِبَاقِ الْحُكْمِ
الْمَعْرُوْفِ دَلِيْلِهِ وَعِلَّتِهِ عَلَى فَرْدٍ مِنَ الأَفْرَادِ اَيِ
الْوُقُوْفُ عَلَى حَقِيْقَةِ الأَشْيَاءِ مِنْ حَيْثُ كَوْنُ الْحُكْمِ
الشَّرْعِيِّ الْمُتَعَلَّقِ بِهَا يَنْطَبِقُ عَلَيْهَا اَمْ لاَ اَيِ النَّظْرُ
فِيْ مَعْرِفَةِ وُجُوْدِ الْحُكْمِ الشَّرْعِيِّ فِيْ آحَادِ الصُّوَرِ بَعْدَ
مَعْرِفَتِهِ مِنَ الدَّلِيْلِ الشَّرْعِيِّ اَوْ مِنَ الْعِلَّةِ الشَّرْعِيَّةِ
“pandangan dalam
pemberlakuan hukum yang telah diketahui dalilnya dan illatnya kepada salah satu
objek hukumnya atau bertumpu kepada hakikat benda-benda dari sisi
keberadaan hukum syara’ yang berhubungan dengan benda-benda tersebut apakah
dapat diberlakukan kepadanya ataukah tidak atau pandangan dalam mengetahui
wujudnya hukum syara’ dalam suatu realitas setelah mengetahui hukum tersebut
dari dalil syara’ atau dari illat syar’iyyah”.
Sebagai contoh ketika
telah diketahui مَنَاطُ الْحُكْمِ dari diharamkannya
khamr adalah etanol dan meta-nol, maka dengan metode تَحْقِيْقُ
الْمَنَاطِ dapat dipastikan bahwa : (a) gugus alkohol yang lainnya
se-perti butanol, propanol, pentanol dan sebagainya adalah tidak haram,
(b) karena tape alias peu-yeum (baik dari ketan, beras, gandum, singkong dan
lainnya) mengandung etanol (selain air dan glukosa) maka seluruh jenis tape
adalah haram dan (c) karena dalam buah segar yang telah terlalu
matang alias ladu atau dalu (terutama yang letak
daging buahnya ada di bagian dalam buah itu sendiri, seperti pisang, durian,
rambutan, manggah, manggis dan sebagainya) mengandung etanol, maka buah yang
kondisinya telah seperti itu adalah haram. Begitu juga bila
bagian tembakau dari rokok ternyata sausnya menggunakan pelarut etanol, maka
rokok seperti itu adalah haram. Hal yang sama berlaku untuk
minyak wangi, pengharum (udara atau ruangan), sabun, kosmetik, yakni bila
pelarut yang digunakan adalah etanol atau metanol. Contoh lain adalah ketika
Rasulullah saw menyatakan : الْمُسْلِمُونَ شُرَكَاءُ فِي ثَلَاثٍ فِي
الْكَلَإِ وَالْمَاءِ وَالنَّارِ (رواه ابو داود), maka untuk kasus air
(اَلْمَاءُ)
ha-rus diketahui مَنَاطُ الْحُكْمِ dari air tersebut
yakni apakah air yang bersifat tidak terbatas (لاَ يُنْقَطِعُ)
atau-kah air yang jumlahnya terbatas (يُنْقَطِعُ).
Lalu karena ternyata Rasulullah saw membiarkan seseorang (individu) memiliki
sumur air (اَلْبِئْرُ) dan realitas sumur air adalah keadaan
airnya terbatas, maka air yang haram dimiliki atau dikuasai oleh
individu adalah yang bersifat tidak terbatas seperti mata air. Apakah hanya
mata air yang diharamkan dimiliki dan dikuasai oleh individu? Pertanyaan ini
dapat dijawab dengan menggunakan metode تَحْقِيْقُ الْمَنَاطِ
dan dapat dipastikan jawabannya adalah hukum haram tersebut tidak hanya
berlaku untuk kepemilikan individu atas mata air tapi juga berlaku untuk danau,
sungai, laut dan sejenisnya. Jadi, dengan metode تَحْقِيْقُ
الْمَنَاطِ dalil tentang haramnya individu memiliki dan
menguasai danau, sungai, laut adalah hadits Rasulullah saw tersebut. Contoh
lainnya adalah tentang kewajiban jihad dan مَنَاطُ الْحُكْمِ
dari jihad adalah :
بَذْلُ الْوُسْعِ فِيْ
الْقِتَالِ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ مُبَاشَرَةً اَوْ مُعَاوَنَةً بِمَالٍ اَوْ رَأْيٍ
اَوْ تَكْثِيْرِ سَوَادٍ اَوْ غَيْرِ ذَلِكَ
“pengerahan/pencurahan
semua daya/kekuatan dalam perang di jalan Allah (menyebarluaskan ri-salah
Islam) baik secara langsung (di medan jihad) maupun dengan memberikan bantuan
harta atau pemikiran (strategi perang) atau perbekalan dan lainnya”.
Oleh karena itu, ketika
di suatu negeri kaum muslim saat ini (misal Palestina) yakni saat Khilafah
sudah lama (lebih dari 84 tahun) tidak ada dalam realitas kehidupan dunia
terjadi penyerbuan kaum kufar atas kaum muslim maka khususnya kaum muslim yang
ada di negeri tersebut wajib melaku-kan jihad mempertahankan diri : جِهَادٌ
دِفَاعِيٌ, secara langsung. Adapun kaum muslim yang jauh dari negeri
tersebut misal yang bermukim di Indonesia maka masih dapat melakukan kewajiban
jihad tersebut walau secara tidak langsung, melainkan dengan mengirimkan
bantuan dana, amunisi, lo-gistik dan sebagainya atau merancang konsep strategi
perang yang sangat jitu untuk mempercepat upaya penghancuran musuh (kaum
kufar). Pemahaman ini diperoleh dengan menggunakan metode تَحْقِيْقُ
الْمَنَاطِ terhadap مَنَاطُ حُكْمِ وَاجِبِ الْجِهَادِ.
Dengan demikian adalah benar-benar keliru pernyataan sebagian
kaum muslim yang menganggap atau menempatkan jihad sebagai bukan perang atau
bu-kan hanya perang, karena sama sekali tidak sesuai dengan مَنَاطُ
حُكْمِ وَاجِبِ الْجِهَادِ. Contoh lainnya la-gi adalah berkenaan
dengan جَمَاعَةُ
الْمُسْلِمِينَ وَإِمَامُهُمْ yang diwajibkan untuk berpegang teguh
kepada-nya (اَلإِلْتِزَامُ بِهِ) dan haram memisahkan
diri darinya (غَيْرُ مُفَارَقَةٍ عَنْهُ). Realitas yang dibidik
(مَنَاطُ
الْحُكْمِ) oleh kewajiban tersebut adalah حَقِيْقَةُ جَمَاعَةِ
الْمُسْلِمِينَ وَإِمَامِهِمْ, yaitu :
كَوْنُ حَيَاةِ
الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ الدُّنْيَا عَلَى يَدِ الْخَلِيْفَةِ الْوَاحِدَةِ وَفِيْ
ظِلِّ الْخِلاَفَةِ الإِسْلاَمِيَّةِ عَلَى الإِطْلاَقِ
مَنَاطُ
الْحُكْمِ tersebut ditunjukkan oleh pernyataan Rasulullah saw saat
berdialog dengan Hudzaifah :
كَانَ النَّاسُ يَسْأَلُونَ رَسُولَ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْخَيْرِ وَكُنْتُ أَسْأَلُهُ عَنْ
الشَّرِّ مَخَافَةَ أَنْ يُدْرِكَنِي فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّا كُنَّا
فِي جَاهِلِيَّةٍ وَشَرٍّ فَجَاءَنَا اللَّهُ بِهَذَا الْخَيْرِ فَهَلْ بَعْدَ
هَذَا الْخَيْرِ مِنْ شَرٍّ قَالَ نَعَمْ قُلْتُ وَهَلْ بَعْدَ ذَلِكَ الشَّرِّ
مِنْ خَيْرٍ قَالَ نَعَمْ وَفِيهِ دَخَنٌ قُلْتُ وَمَا دَخَنُهُ قَالَ قَوْمٌ
يَهْدُونَ بِغَيْرِ هَدْيِي تَعْرِفُ مِنْهُمْ وَتُنْكِرُ قُلْتُ فَهَلْ بَعْدَ
ذَلِكَ الْخَيْرِ مِنْ شَرٍّ قَالَ نَعَمْ دُعَاةٌ إِلَى أَبْوَابِ جَهَنَّمَ مَنْ
أَجَابَهُمْ إِلَيْهَا قَذَفُوهُ فِيهَا قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ صِفْهُمْ لَنَا
فَقَالَ هُمْ مِنْ جِلْدَتِنَا وَيَتَكَلَّمُونَ بِأَلْسِنَتِنَا قُلْتُ فَمَا
تَأْمُرُنِي إِنْ أَدْرَكَنِي ذَلِكَ قَالَ تَلْزَمُ جَمَاعَةَ الْمُسْلِمِينَ
وَإِمَامَهُمْ قُلْتُ فَإِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُمْ جَمَاعَةٌ وَلَا إِمَامٌ قَالَ
فَاعْتَزِلْ تِلْكَ الْفِرَقَ كُلَّهَا وَلَوْ أَنْ تَعَضَّ بِأَصْلِ شَجَرَةٍ
حَتَّى يُدْرِكَكَ الْمَوْتُ وَأَنْتَ عَلَى ذَلِكَ (رواه البخاري)
Oleh
karena itu, kehidupan kaum muslim saat ini yang telah berlangsung lebih dari 84
tahun tidak berada dalam genggaman tangan seorang Khalifah dan otomatis mereka
hidup bukan dalam naung-an Khilafah adalah sebentuk kehidupan berbasis
firqah yang diharamkan oleh Islam.
Demikianlah
seterusnya untuk perkara-perkara lainnya yang telah tersedia lengkap dalam
Islam dan seluruhnya amat sangat bersesuaian dengan fungsi aqal manusia sendiri
yakni memikirkan dan me-mahami semua informasi dari wahyu (خَبَرٌ
نَقْلِيٌّ) maupun dari kenyataan (خَبَرٌ وَاقِعِيٌّ).
Bila keadaan ini selalu dilakukan oleh setiap muslim atau paling
tidak selalu ada sebagian dari mereka yang senan-tiasa
melakukannya, maka upaya mereka untuk mengembalikan kehidupan dunia supaya berbasis
Islam lagi melalui penegakkan kembali Khilafah, adalah perkara yang sangat
mudah dan sederhana.
Mengurai kekisruhan
seputar وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا dalam kewajiban zakat
Zakat adalah ketetuan Islam yang menyangkut : (a)
harta yang wajib dikeluarkan zakatnya, (b) orang yang diwajibkan mengeluarkan
zakat dan (c) orang-orang (golongan) yang berhak menerima har-ta zakat. Harta
yang wajib dikeluarkan zakatnya mencakup : (a) ternak (اَلْمَاشِيَةُ),
(b) tanaman dan buah-buahan (اَلزُّرُوْعُ وَالثِّمَارُ),
(c) emas dan perak (اَلذَّهَبُ وَالْفِضَّةُ)
dan (d) perdagangan (عُرُوْضُ التِّجَارَةِ).
Masing-masing harta tersebut memiliki kadar minimal (مِقْدَارُ
النِّصَابِ) yang merupakan jumlah harta minimal saat wajib dikeluarkan
zakatnya dan umur harta tersebut yakni harus satu tahun (حَوْلاً).
Ternak yang wajib
dikeluarkan zakatnya adalah unta (اَلإِبِلُ), sapi (اَلْبَقَرُ)
dan kambing (اَلْغَنَمُ). Tana-man dan buah-buahan yang wajib
dikeluarkan zakatnya adalah hanya lima macam yaitu : اَلْحِنْطَةُ
(اَلْقَمْحُ), الشَّعِيرُ, التَّمْرُ,
الزَّبِيبُ
dan الذُّرَةُ,
berdasarkan hadits Rasulullah saw :
عَنْ عَمْرِو بْنِ
شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَ إِنَّمَا سَنَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الزَّكَاةَ فِي هَذِهِ الْخَمْسَةِ فِي الْحِنْطَةِ
وَالشَّعِيرِ وَالتَّمْرِ وَالزَّبِيبِ وَالذُّرَةِ (رواه ابن ماجه)
عَنْ مُوسَى بْنِ طَلْحَةَ قَالَ عِنْدَنَا
كِتَابُ مُعَاذٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ
إِنَّمَا أَخَذَ الصَّدَقَةَ مِنْ الْحِنْطَةِ وَالشَّعِيرِ وَالزَّبِيبِ
وَالتَّمْرِ (رواه احمد)
Emas yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah baik yang
berupa mata uang (اَلنَّقْدُ) yakni dinar maupun non mata uang yakni
lantakan (اَلْمَشْكُوْكَةُ). Nishab zakat emas adalah 20 dinar (85
gram karena setiap sa-tu dinar adalah 4,25 gram emas) dan dikeluarkan setelah
satu tahun sebanyak setengah dinar atau 2,125 gram emas (2,5 persen). Perak
yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah baik itu yang berupa mata uang (اَلنَّقْدُ) yakni dirham maupun non mata uang yakni
lantakan (اَلْمَشْكُوْكَةُ) dengan nishab sebanyak 200 dir-am (595
gram karena setiap satu dirham adalah 2,975 gram perak) dan dikeluarkan setelah
satu tahun sebanyak lima dirham atau 14,875 gram perak (2,5 persen).
Harta perdagangan yang wajib dikeluarkan zakatnya
adalah modal awal perdagangan beserta ke-untungannya (aset perdagangan) setelah
berjalan satu tahun. Nishab aset perdagangan adalah mengiku-ti emas (85 gram
emas dan dikeluarkan sebanyak 2,5 persen) atau perak (595 gram perak dan
dikeluar-kan sebanyak 2,5 persen). Demikianlah seluruh jenis harta yang telah
ditetapkan oleh Islam wajib dike-luarkan zakatnya dengan ketentuan nishab dan
jumlah yang dikeluarkan sebagai zakat masing-masing serta ketentuan satu tahun
(kecuali untuk ternak).
Adapun berkenaan dengan
orang yang wajib mengeluarkan zakat (اَلْمُزَكِّيُ)
adalah setiap orang yakni laki-laki, wanita, dewasa maupun anak-anak baik
muslim maupun non muslim yang memiliki harta dengan jenis, nishab serta umur
sesuai dengan seluruh ketentuan dalam Islam. Anak-anak yang memiliki harta
wajib mengeluarkan zakat dari hartanya berdasarkan dalil :
عَنْ عَمْرِو بْنِ
شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ خَطَبَ النَّاسَ فَقَالَ أَلَا مَنْ وَلِيَ يَتِيمًا لَهُ مَالٌ
فَلْيَتَّجِرْ فِيهِ وَلَا يَتْرُكْهُ حَتَّى تَأْكُلَهُ الصَّدَقَةُ قَالَ أَبُو
عِيسَى وَإِنَّمَا رُوِيَ هَذَا الْحَدِيثُ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ وَفِي
إِسْنَادِهِ مَقَالٌ لِأَنَّ الْمُثَنَّى بْنَ الصَّبَّاحِ يُضَعَّفُ فِي
الْحَدِيثِ وَرَوَى بَعْضُهُمْ هَذَا الْحَدِيثَ عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ أَنَّ
عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ فَذَكَرَ هَذَا الْحَدِيثَ وَقَدْ اخْتَلَفَ أَهْلُ
الْعِلْمِ فِي هَذَا الْبَابِ فَرَأَى غَيْرُ وَاحِدٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مَالِ الْيَتِيمِ زَكَاةً مِنْهُمْ عُمَرُ
وَعَلِيٌّ وَعَائِشَةُ وَابْنُ عُمَرَ وَبِهِ يَقُولُ مَالِكٌ وَالشَّافِعِيُّ
وَأَحْمَدُ وَإِسْحَقُ وَقَالَتْ طَائِفَةٌ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ لَيْسَ فِي
مَالِ الْيَتِيمِ زَكَاةٌ وَبِهِ يَقُولُ سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ وَعَبْدُ اللَّهِ
بْنُ الْمُبَارَكِ وَعَمْرُو بْنُ شُعَيْبٍ هُوَ ابْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ وَشُعَيْبٌ قَدْ سَمِعَ مِنْ جَدِّهِ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو وَقَدْ تَكَلَّمَ يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ فِي حَدِيثِ عَمْرِو
بْنِ شُعَيْبٍ وَقَالَ هُوَ عِنْدَنَا وَاهٍ وَمَنْ ضَعَّفَهُ فَإِنَّمَا
ضَعَّفَهُ مِنْ قِبَلِ أَنَّهُ يُحَدِّثُ مِنْ صَحِيفَةِ جَدِّهِ عَبْدِ اللَّهِ
بْنِ عَمْرٍو وَأَمَّا أَكْثَرُ أَهْلِ الْحَدِيثِ فَيَحْتَجُّونَ بِحَدِيثِ
عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ فَيُثْبِتُونَهُ مِنْهُمْ أَحْمَدُ وَإِسْحَقُ وَغَيْرُهُمَا
(رواه الترمذي)
Sedangkan
non muslim (Yahudi dan Nasrani maupun kaum musyrik) juga diseru oleh kewajiban
zakat adalah berdasarkan pernyataan Allah SWT :
وَوَيْلٌ لِلْمُشْرِكِينَ الَّذِينَ لَا
يُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَهُمْ بِالْآخِرَةِ هُمْ كَافِرُونَ (فصلت : 7-6)
Kemudian berkenaan
dengan golongan orang yang berhak menerima zakat (مُسْتَحِقُّو
الزَّكَاةِ) selu-ruhnya telah ditetapkan oleh Islam berdasarkan pernyataan
Allah SWT :
إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ
لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ
قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَاِبْنِ
السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ (التوبة :60)
Ayat tersebut selain
menunjukkan golongan yang berhak menerima zakat sekaligus juga mempertela-kan
tentang realitas yang dibidik oleh hukum Islam (مَنَاطُ الْحُكْمِ)
tentang pembolehan orang-orang terse-but menerima harta zakat, yakni :
1. kaum
faqir (اَلْفُقَرَاءُ)
adalah orang-orang yang tidak memiliki harta yang cukup untuk memenuhi ke-butuhan
pokok (اَلْحَاجَاتُ
الأَسَاسِيَّةُ) mereka yaitu makanan, pakaian dan tempat
tinggal. Hal ini berda-sarkan pernyataan Rasulullah saw : لَا تَحِلُّ
الصَّدَقَةُ لِغَنِيٍّ وَلَا لِذِي مِرَّةٍ سَوِيٍّ (رواه احمد).
Makna ذُوْ
مِرَّةٍ adalah صَاحِبُ الْقُوَّةِ وَالْمُقَدَّرَةِ
الْمُكْتَسَبِ : orang kuat dan mampu mencari harta,
sehingga saat orang tersebut ti-dak mendapati pekerjaan yang dapat memberikan
penghasilan maka dia adalah faqir. Adapun orang kaya (اَلْغَنِيُّ)
dalam padangan Islam memiliki standard minimal kepemilikan harta seperti yang
ditun-jukkan oleh pernyataan Rasulullah saw :
مَنْ سَأَلَ وَلَهُ
مَا يُغْنِيهِ جَاءَتْ مَسْأَلَتُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ خُدُوشًا أَوْ كُدُوحًا
فِي وَجْهِهِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا غِنَاهُ قَالَ خَمْسُونَ دِرْهَمًا
أَوْ حِسَابُهَا مِنْ الذَّهَبِ (رواه احمد)
yang menjelaskan bahwa
standard minimal seseorang termasuk kaya adalah dia memiliki uang se-banyak 50
dirham perak (148,75 gram perak) atau dinar emas yang setara dengan perak
tersebut, lalu harta tersebut mencukupi untuk membiayai makanan, pakaian,
tempat tinggal, keluarga, anak-anak dan pelayannya.
2. kaum
miskin (اَلْمَسَاكِينُ)
adalah orang-orang yang tidak memiliki apa pun baik itu makanan, pakaian maupun
tempat tinggal. Rasulullah saw menyatakan :
لَيْسَ الْمِسْكِينُ الَّذِي يَطُوفُ عَلَى
النَّاسِ تَرُدُّهُ اللُّقْمَةُ وَاللُّقْمَتَانِ وَالتَّمْرَةُ وَالتَّمْرَتَانِ
وَلَكِنْ الْمِسْكِينُ الَّذِي لَا يَجِدُ غِنًى يُغْنِيهِ وَلَا يُفْطَنُ بِهِ
فَيُتَصَدَّقُ عَلَيْهِ وَلَا يَقُومُ فَيَسْأَلُ النَّاسَ (رواه البخاري)
Miskin berbeda dengan
faqir berdasarkan pernyataan Allah SWT : أَوْ مِسْكِينًا ذَا
مَتْرَبَةٍ (البلد : 16) dan makna ذَا مَتْرَبَةٍ
adalah مُلْتَصِقًا
بِالتَُرَابِ لِعُرْيِهِ وُجُوْعَهُ : dia makan tanah
untuk menghilangkan rasa lapar-nya.
3. Amil
zakat (اَلْعَامِلُوْنَ
عَلَيْهَا) adalah orang-orang yang berharta (اَلسَّعَاةُ)
dan wajib zakat (اَلْمُصَدِّقُوْنَ). Me-reka diangkat
oleh Khalifah dengan tugas untuk : (a) mengumpulkan zakat dari yang
berkewajiban untuk mengeluarkannya atau (b) mendistribusikannya kepada para
mustahiqnya. Hal itu karena Is-lam telah menetapkan bahwa zakat dari para
muzakki harus diserahkan kepada Khalifah dan Khali-fah dapat mengangkat para
wali atau amil atau orang-orang kaya dengan tugas untuk mengambil zakat dari
harta para muzakki. Inilah yang dimaksudkan oleh pernyataan Allah SWT :
خُذْ مِنْ
أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ
إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ (التوبة : 103)
Ketentuan
tersebut telah benar-benar dilaksanakan oleh Rasulullah sendiri, Khulafa
Rasyidun mau-pun para Khalifah setelah mereka. Hal ini ditunjukkan oleh sebuah
riwayat yang disampaikan oleh Ibnu Siriin :
كَانَتِ الصَّدَقَةُ تُدْفَعُ اِلَى النَّبِيِّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَوْ مَنْ اُمِرَ بِهِ وَاِلَى اَبِيْ بَكْرٍ
اَوْ مَنْ اُمِرَ بِهِ وَاِلَى عُمَرَ اَوْ مَنْ اُمِرَ بِهِ وَاِلَى عُثْمَانَ
اَوْ مَنْ اُمِرَ بِهِ فَلَمَّا قُتِلَ عُثْمَانُ اِخْتَلَفُوْا فَكَانَ مِنْهُمْ
مَنْ يَدْفَعُهَا اِلَيْهِمْ وَمِنْهُمْ مَنْ يَقْسِمُهَا وَكَانَ مِمَنْ
يَدْفَعُهَا اِلَيْهِمْ اِبْنُ عُمَرَ
Juga ditunjukkan oleh
realitas diangkatnya Mu’adz bin Jabbal menjadi Wali di Yaman oleh Rasu-lullah
saw :
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا بَعَثَ مُعَاذًا
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَلَى الْيَمَنِ قَالَ إِنَّكَ تَقْدَمُ عَلَى قَوْمٍ
أَهْلِ كِتَابٍ فَلْيَكُنْ أَوَّلَ مَا تَدْعُوهُمْ إِلَيْهِ عِبَادَةُ اللَّهِ
فَإِذَا عَرَفُوا اللَّهَ فَأَخْبِرْهُمْ أَنَّ اللَّهَ قَدْ فَرَضَ عَلَيْهِمْ
خَمْسَ صَلَوَاتٍ فِي يَوْمِهِمْ وَلَيْلَتِهِمْ فَإِذَا فَعَلُوا فَأَخْبِرْهُمْ
أَنَّ اللَّهَ فَرَضَ عَلَيْهِمْ زَكَاةً مِنْ أَمْوَالِهِمْ وَتُرَدُّ عَلَى
فُقَرَائِهِمْ فَإِذَا أَطَاعُوا بِهَا فَخُذْ مِنْهُمْ وَتَوَقَّ كَرَائِمَ
أَمْوَالِ النَّاسِ (رواه البخاري)
Pernyataan Khalifah Abu Bakar saat ada sekelompok orang
yang menolak membayar zakat juga menunjukkan realitas yang sama :
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ لَمَّا تُوُفِّيَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاسْتُخْلِفَ أَبُو بَكْرٍ بَعْدَهُ
وَكَفَرَ مَنْ كَفَرَ مِنْ الْعَرَبِ قَالَ عُمَرُ لِأَبِي بَكْرٍ كَيْفَ
تُقَاتِلُ النَّاسَ وَقَدْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَقُولُوا لَا إِلَهَ إِلَّا
اللَّهُ فَمَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَصَمَ مِنِّي مَالَهُ وَنَفْسَهُ
إِلَّا بِحَقِّهِ وَحِسَابُهُ عَلَى اللَّهِ فَقَالَ وَاللَّهِ لَأُقَاتِلَنَّ
مَنْ فَرَّقَ بَيْنَ الصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ فَإِنَّ الزَّكَاةَ حَقُّ الْمَالِ
وَاللَّهِ لَوْ مَنَعُونِي عِقَالًا كَانُوا
يُؤَدُّونَهُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
لَقَاتَلْتُهُمْ عَلَى مَنْعِهِ فَقَالَ عُمَرُ فَوَاللَّهِ مَا هُوَ إِلَّا أَنْ
رَأَيْتُ اللَّهَ قَدْ شَرَحَ صَدْرَ أَبِي بَكْرٍ لِلْقِتَالِ فَعَرَفْتُ أَنَّهُ
الْحَقُّ قَالَ ابْنُ بُكَيْرٍ وَعَبْدُ اللَّهِ عَنْ اللَّيْثِ عَنَاقًا وَهُوَ
أَصَحُّ (رواه البخاري)
4. muallaf
(اَلْمُؤَلَّفَةُ
قُلُوْبُهُمْ) adalah sekelompok orang dari kalangan para pemimpin (اَلْقَادَةُ)
atau para pe-muka (اَلزُّعَمَاءُ) atau orang-orang
yang berpengaruh (اَلْمُؤَثِّرُوْنَ) atau orang-orang
yang sangat dimulia-kan (اَلأَبْطَالُ) yang kondisi iman
mereka belum mendalam (لَمْ يَرْسِخْ اِيْمَانُهُمْ),
lalu Khalifah atau para Walinya menganggap perlu untuk memberikan kepada mereka
bagian dari harta zakat sebagai bentuk pendekatan kepada perasaan mereka (تَأْلِيْفًا
لِقُلُوْبِهِمْ) atau untuk semakin memperdalam iman
mereka (تَرْسِيْخًا
ِلإِيْمَانِهِمْ) atau untuk menggunakan mereka bagi
kemaslahatan Islam dan kaum mus-lim (ِلإِسْتِخْدَامِهِمْ
لِمَصْلَحَةِ الإِسْلاَمِ وَالْمُسْلِمِيْنَ) atau mempengaruhi
kelompok mereka (لِلتَّأْثِيْرِ عَلَى جَمَاعَاتِهِمْ ).
Hal ini seperti yang pernah dilakukan oleh Rasulullah saw dengan memberikan
harta zakat kepada Abu Sufyan, ‘Uyainah bin Hashan, Aqra’ bin Haabis, ‘Abbas
bin Mardaas dan lainnya dari kalang-an pemuka Quraisy yang baru saja masuk
Islam. Para muallaf tersebut diberi bagian harta zakat selama illat (اَلْعِلَّةُ)
yang menetapkan pemberian tersebut yakni تَأْلِيْفًا
لِقُلُوْبِهِمْ masih melekat pada mere-ka dan Islam
sangat membutuhkan mereka. Namun bila illat pemberian itu telah hilang maka
mere-ka tidak akan lagi diberi bagian harta zakat dan ini seperti telah terjadi
pada masa Khalifah Abu Ba-kar dan Umar yang keduanya tidak lagi memberikan
harta zakat kepada mereka karena Islam telah sangat kuat dan tersebar luas.
5. hamba
sahaya (اَلرِّقَابُ)
adalah budak belian (اَلْعَبِيْدُ الأَرْقَاءُ).
6. yang
terbelit hutang (اَلْغَارِمُوْنَ) yakni اَلْمَدِيْنُوْنَ
adalah orang-orang yang menanggung hutang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya
atau untuk pembayaran diyat atau untuk menyelesaikan kepen-tingan tertentu.
7.
فِيْ سَبِيْلِ اللهِ yakni dalam jihad
berikut segala perkara yang dibutuhkan dalam jihad dan yang akan memperkuat
pelaksanaan jihad, seperti pembentukan tentara (تَكْوِيْنُ جَيْشٍ),
pembangunan industri, pembuatan senjata dan lainnya. Hal itu karena setiap muncul
ungkapan فِيْ
سَبِيْلِ اللهِ dalam Al-Quran maka tidak pernah bermakna
lain selain jihad. Sehingga harta zakat yang terkumpul di Baitul Mal harus
dikeluarkan untuk pembiayaan jihad beserta segala perkara yang diharuskan ada
oleh aktivi-tas jihad itu sendiri. Pembiayaan jihad dari harta zakat tidak
boleh dibatasi jumlahnya melainkan boleh seluruh harta zakat yang ada digunakan
untuk aktivitas tersebut atau sebagiannya. Seluruh-nya diserahkan kepada
pertimbangan Khalifah sehubungan dengan kemaslahatan para mustahiq za-kat itu
sendiri. Rasulullah saw menyatakan :
لَا تَحِلُّ
الصَّدَقَةُ لِغَنِيٍّ إِلَّا لِخَمْسَةٍ لِغَازٍ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَوْ
لِعَامِلٍ عَلَيْهَا أَوْ لِغَارِمٍ أَوْ لِرَجُلٍ اشْتَرَاهَا بِمَالِهِ أَوْ
لِرَجُلٍ كَانَ لَهُ جَارٌ مِسْكِينٌ فَتُصُدِّقَ عَلَى الْمِسْكِينِ فَأَهْدَاهَا
الْمِسْكِينُ لِلْغَنِيِّ (رواه ابو داود)
لَا تَحِلُّ
الصَّدَقَةُ لِغَنِيٍّ إِلَّا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَوْ ابْنِ السَّبِيلِ أَوْ
جَارٍ فَقِيرٍ يُتَصَدَّقُ عَلَيْهِ فَيُهْدِي لَكَ أَوْ يَدْعُوكَ (رواه ابو
داود)
8. ibnu
sabil (اِبْنُ
السَّبِيلِ) adalah seseorang yang terhenti dalam perjalanannya lalu dia
tidak mendapati harta apa pun yang dapat digunakan untuk melanjutkan kembali
perjalanannya tersebut hingga dia dapat sampai ke negeri yang ditujunya. Oleh
karena itu diberikan kepadanya harta zakat sejumlah yang dia butuhkan untuk
meneruskan perjalanannya itu. Hal ini berdasarkan pernyataan Rasulullah saw :
لَا تَحِلُّ
الصَّدَقَةُ لِغَنِيٍّ إِلَّا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَوْ ابْنِ السَّبِيلِ أَوْ
جَارٍ فَقِيرٍ يُتَصَدَّقُ عَلَيْهِ فَيُهْدِي لَكَ أَوْ يَدْعُوكَ (رواه ابو
داود)
Demikianlah مَنَاطُ الْحُكْمِ
dari delapan golongan yang berhak menerima harta zakat yang seluruh-nya telah
ditetapkan oleh dalil-dalil dari sumber Islam sejati : Al-Quran dan As-Sunnah,
sehingga ber-sifat pasti dan tidak boleh dirubah sedikit atau pun banyak alias
bersifat تَوْقِفِيَّةٌ.
Lalu, bagaimana halnya
dengan Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional (Ketum BAZNAS) Prof. Dr. KH. Didin
Hafidhuddin dalam tulisannya berjudul “Menyalurkan Zakat Secara Bermartabat”
yang menyatakan : pada zaman Rasulullah saw dan para sahabat, tidak pernah
terjadi zakat disalur-kan langsung dari muzakki kepada mustahiq, tetapi selalu
melalui amil, seperti yang beliau perintah-kan kepada sahabatnya, Muadz bin
Jabal dan Ali bin Abi Thalib. Paling tidak ada lima manfaat jika zakat
disalurkan melalui amil. Pertama, lebih sesuai dengan petunjuk Alquran, sunah
Rasul, para sa-habat dan para tabi’in. Kedua, untuk menjamin kepastian dan
disiplin membayar zakat. Ketiga, untuk menjaga perasaan rendah diri para
mustahiq zakat apabila berhadapan langsung untuk menerima za-kat dari para
muzakki. Keempat, untuk mencapai efisien dan efektivitas, serta sasaran yang
tepat da-lam penggunaan harta zakat menurut skala prioritas yang ada pada suatu
tempat. Kelima, untuk memperlihatkan syiar Islam dalam semangat penyelenggaraan
pemerintahan yang Islami.
Memang benar, sepanjang kehidupan Islami di dunia
untuk pertama kalinya di kota Madinah di bawah kepemimpinan Rasulullah saw, tidak
pernah para muzakki memberikan harta zakatnya kepada para mustahiq
secara langsung dan individual, baik itu dengan cara door to door maupun
dengan me-ngumpulkan orang di suatu tempat. Demikian juga sepanjang
pemerintahan Islam (Khilafah) dipimpin secara bergantian oleh barisan Khulafa
Rasyidun, para muzakki didatangi oleh para petugas pengumpul zakat (wali atau
amil) yang diangkat dan diperintahkan oleh Khalifah untuk mengumpulkan zakat
dan lalu mereka menyimpannya di Baitul Mal umat Islam. Realitas inilah yang
terungkap dalam riwayat yang mendokumentasikan pengangkatan Mu’adz bin Jabbal
menjadi Wali di Yaman pada masa kepe-mimpinan Rasulullah saw atau
riwayat Ibnu Siriin yang menggambarkan secara pasti tentang mekanis-me
pelaksanaan kewajiban zakat oleh para Khalifah di masa Khulafa Rasyidun atau
riwayat saat terja-dinya sekelompok orang yang menolak mengeluarkan zakat di
masa awal Khalifah Abu Bakar dengan alasan bahwa zakat hanya wajib dikeluarkan
kepada Nabi Muhammad, sehingga Khalifah Abu Bakar memutuskan untuk memerangi
mereka yang dikenal sebagai قِتَالُ الْمُرْتَدِيْنَ.
Bahkan bagian ucapan Khali-fah Abu Bakar : وَاللَّهِ لَوْ
مَنَعُونِي عِقَالًا كَانُوا يُؤَدُّونَهُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَقَاتَلْتُهُمْ عَلَى مَنْعِهِ, memastikan bahwa tidak
pernah terjadi para muzakki mengeluarkan zakatnya oleh diri mereka
secara langsung dan individual, melainkan selalu melalui Khilafah
yakni melalui اَلْعَامِلُوْنَ عَلَيْهَا.
Itulah sisi benar dari pernyataan Ketum BAZNAS
karena sesuai dengan realitas yang ditunjukkan oleh berbagai dalil serta sesuai
pula dengan مَنَاطُ الْحُكْمِ مِنَ الْعَامِلِيْنَ عَلَى الزَّكَاةِ,
yaitu orang-orang yang ber-harta (اَلسَّعَاةُ) dan wajib zakat (اَلْمُصَدِّقُوْنَ)
yang diangkat oleh Khalifah dengan tugas untuk : (a) mengum-pulkan zakat dari
yang berkewajiban untuk mengeluarkannya atau (b) mendistribusikannya kepada
para mustahiqnya.
Namun, ketika sang Ketum menyatakan : paling
tidak ada lima manfaat jika zakat disalurkan melalui amil, lalu ternyata
yang dia maksudkan dengan amil adalah BAZ (Badan Amil Zakat) dan
LAZ (Lembaga Amil Zakat) dan bukan seperti yang ditetapkan dalam مَنَاطُ
الْحُكْمِ مِنَ الْعَامِلِيْنَ عَلَى الزَّكَاةِ, maka inilah kesalahannya
yang fatal (خَطَأُهُ الْفَظِيْعُ) dalam melakukan تَحْقِيْقُ
مَنَاطِ الْحُكْمِ مِنَ الْعَامِلِيْنَ عَلَى الزَّكَاةِ kepa-da BAZ atau LAZ.
Kesalahan sang Ketum tidak hanya sampai di situ bahkan semakin fatal lagi,
yakni karena dia menyamakan BAZ dan LAZ dengan realitas اَلْعَامِلُوْنَ
عَلَيْهَا, padahal BAZ dan LAZ adalah fakta yang melekat pada NKRI
sedangkan اَلْعَامِلُوْنَ عَلَيْهَا adalah bagian tak terpisahkan dari
Khilafah, ma-ka dia pun (sadar atau tidak, menerima atau tidak) telah mensejajarkan
NKRI dengan Khilafah atau menganggap NKRI sebagai Khilafah.
Inilah yang terungkap secara implisit dalam pernyataan sang Ke-tum : kelima,
untuk memperlihatkan syiar Islam dalam semangat penyelenggaraan pemerintahan
yang Islami. Pertanyaannya adalah negara mana yang dianggap oleh sang Ketum
sebagai dapat mengelabo-rasi semangat penyelenggaraan pemerintahan yang
Islami? Tentu saja dia tidak mungkin memaksud-kan Khilafah melainkan pasti
NKRI.
Oleh karena itu, lima
keadaan yang diunggulkan oleh sang Ketum bila pembayaran zakat melalui amil
yakni BAZ atau LAZ, adalah sama sekali tidak bernilai apa pun
dalam padangan Islam dan lebih dari itu sama sekali tidak ada hubungannya
dengan realitas اَلْعَامِلُوْنَ عَلَيْهَا yang merupakan bagian
tak terpisahkan dari eksistensi Khilafah. Keseluruhan pernyataan atau ide atau
gagasan sang Ketum sehu-bungan dengan pembahasan ini adalah sangat nyata
sebagai bentuk penyesatan syariah, politis dan ideologis (تَضْلِيْلُ
الشَّرْعِيِّ وَالسِّيَاسِيِّ والْمَبْدَئِيِّ). Dia benar-benar
telah melanggar larangan Allah SWT yang ditunjukkan oleh ayat Al-Quran :
وَلَا تَقْفُ مَا
لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ
أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا (الإسراء : 36)
Selain
itu, dia pun telah menganggap dirinya (juga koleganya di BAZ atau LAZ atau
lembaga lainnya yang mengaitkan diri dengan zakat) sebagai telah berbuat benar
(وَهُمْ
يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعًا) padahal kenyataannya
sama sekali tidak demikian bahkan seluruh sikapnya selama hidup di dunia adalah
benar-benar sesat (ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا).
Allah SWT menyatakan :
قُلْ هَلْ نُنَبِّئُكُمْ بِالْأَخْسَرِينَ
أَعْمَالًا الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ
يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعًا أُولَئِكَ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِ
رَبِّهِمْ وَلِقَائِهِ فَحَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ فَلَا نُقِيمُ لَهُمْ يَوْمَ
الْقِيَامَةِ وَزْنًا ذَلِكَ جَزَاؤُهُمْ جَهَنَّمُ بِمَا كَفَرُوا وَاتَّخَذُوا
ءَايَاتِي وَرُسُلِي هُزُوًا (الكهف : 106-103)
Wal hasil, tidak diragukan lagi sedikit pun bahwa
Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional (Ketum BAZNAS) Prof. Dr. KH. Didin
Hafidhuddin adalah sosok yang semakin menambah perbenda-haraan barisan
manusia-manusia bodoh (نَاسٌ جُهَّالٌ)
yang selain dirinya sesat namun juga menyesatkan banyak sekali manusia lain.
Rasulullah saw menyatakan berkenaan dengan realitas mereka :
إِنَّ اللَّهَ لَا
يَنْزِعُ الْعِلْمَ بَعْدَ أَنْ أَعْطَاكُمُوهُ انْتِزَاعًا وَلَكِنْ يَنْتَزِعُهُ
مِنْهُمْ مَعَ قَبْضِ الْعُلَمَاءِ بِعِلْمِهِمْ فَيَبْقَى نَاسٌ جُهَّالٌ
يُسْتَفْتَوْنَ فَيُفْتُونَ بِرَأْيِهِمْ فَيُضِلُّونَ وَيَضِلُّونَ (رواه
البخاري)
No comments:
Post a Comment